Pertanyaan :

Pengasuh Rubrik yang terhormat

Saya salah satu staff pajak diperusahaan PMA Jepang, dan perusahaan tempat saya bekerja mendapatkan surat himbauan dari kantor pajak perihal sertifikat electronic efaktur yang harus segera diperpanjang, mohon penjelasannya dari pengasuh pojok pajak perihal

  1. Bagaimana cara mengetahui period sertifikat electronics yang terinstall dikomputer saya
  2. Bagaimana prosedur permohonan perpanjangan sertifikat electronics

 

Terima kasih

Rohman – Staff Pajak – PMA Jepang di Jababeka

 

Jawaban:

Masa berlakunya sertifikat electronic efaktur (SEE) berdurasi 2 tahun, setiap dua tahun sejak diaktifkannya SEE, wajib pajak harus segera melakukan perpanjangan ke kantor pajak dimana wajib pajak terdaftar. Hal ini berhubungan dengan aplikasi e-faktur yang sedang digunakan. Ketika masa berlaku SEE telah habis masa berlakunya maka wajib pajak tidak bisa lagi menggunakan aplikasi e-faktur, uploder tidak akan berjalan, berakibat wajib pajak tidak bisa melakukan proses permohonan approval e-faktur ke kantor pajak.

  1. Bagaimana cara mengetahui period sertifikat electronics yang terinstall dikomputer saya

 

Cara Mengetahui period SEE yang sudah ter-install dikomputer yaitu dengan cara :

Klik Internet Explore dikomputer yang digunakan untuk membuat e-faktur atau dikomputer server jika aplikasi efaktur menggunakan sistem jaringan.

Klik Internet Explorer      =>      Klik Tools         =>         Klik tab content       =>        Klik tab Certificates        =>         lihat coloum Expiration Date.

Dalam coloum expiration date terlihat kapan SEE wajib pajak expired

  1. Bagaimana prosedur permohonan perpanjangan sertifikat electronics

 

Wajib pajak harus mengajukan permohonan perpanjangan SEE kembali jika masa SEE sudah expired, sampai saat ini DJP belum merilis peraturan terbaru berkaitan perpanjangan SEE, jika SEE sudah mendekati habis masa berlakunya segera lakukan pengajuan kembali ke kantor pajak dimana wajib pajak terdaftar.

Permohonan perpanjangan SEE syarat dan caranya sama dengan saat permohonan SEE pertama kali. Cheklist dokumen dan persyaratan yang harus dibawah ketika mengajukan perpanjangan SEE sebagai berikut

Yang perlu digaris bawahi dan sedikit berbeda dengan pengajuan legalitas perpajakan lainnya adalah Penandatangan SPT PPH badan atau pengurus harus datang kekantor pajak ketika permohonan disampaikan.- dalam hal ini tidak bisa dikuasakan.

Pojok Pajak ini diasuh oleh Ero Kusnara SE, BKP – erokusnara.pajak@gmail.com EKC Tax Consulting – HP 0852-19453816

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *